Capaian Pembelajaran Lulusan
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) PROGRAM STUDI
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN BIDANG SIKAP
S.1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S.2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S.3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S.4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara
S.5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S.6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S.7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S.8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S.9 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN BIDANG PENGETAHUAN
P.1 Menguasai konsep teoretis pendidikan anak usia dini yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal secara mendalam
P.2 Menguasai konsep teoretis hubungan keluarga dan komunitas dengan anak usia dini secara mendalam dengan memperhatikan konsep hubungan keluarga dan komunitas dalam perspektif Islam, budaya kedaerahan, dan kemajuan teknologi
P.3 Menguasai konsep teoretis asesmen dalam pendidikan anak usia dini secara mendalam
P.4 Menguasai konsep teoretis kurikulum, pembelajaran, dan penataan lingkungan belajar di PAUD secara mendalam
P.5 Menguasai konsep teoretis keselamatan, kesehatan, dan nutrisi secara mendalam yang mendukung tumbuh kembang anak usia dini
P.6 Menguasai konsep teoretis profesionalisme dan kepemimpinan bagi pendidik dan tenaga kependidikan secara mendalam
P.7 Menguasai konsep teoretis administrasi dan manajemen dalam mengorganisasikan lembaga pendidikan anak usia dini.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN BIDANG KETERAMPILAN UMUM
KU.1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU.2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
KU.3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU.4 Menyusun deskripsi saintifik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU.5 Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis data dan informasi
KU.6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU.7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN BIDANG KETERAMPILAN KHUSUS
KK.1 Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal dalam konsep teoretis pendidikan anak usia dini
KK.2 Mampu mengkaji karakteristik, pengasuhan, dan keterlibatan keluarga dalam pendidikan dan perkembangan anak dalam konsep teoretis hubungan keluarga dan komunitas
KK.3 Mampu mendesain asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan melalui metode dan teknik penilaian secara tepat
KK.4 Mampu merancang dokumen kurikulum PAUD dan membuat desain lingkungan belajar di PAUD
KK.5 Mampu menerapkan program, kebijakan, dan prosedur dalam praktik keselamatan, kesehatan, dan nutrisi sesuai dengan tahap perkembangan anak dan kebutuhan individu
KK.6 Mampu mengaplikasikan kompetensi profesionalisme dan kepemimpinan terkait dengan etika standar dan pedoman profesional
KK.7 Mampu menyelesaikan masalah administrasi dan manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini secara efektif